Saturday, January 19, 2013

Menuju Mahameruku



Pemenang Ke 3
Jumlah Komentar 111




Hal yang dinanti – nantikan pun datang juga, kami kelompok yang dinamakan PURPALA yaitu Pura – pura Pecinta Alam bersiap – siap untuk melakukan pendakian. Ya nama kelompoknya memang sedikit menggelikan, tapi itulah nama kelompok kami. Pukul 11.30 malam kami memulai pendakian. Rasa putus asa yang menghantuiku masih belum hilang dibenak ini, menjadi beban pikiran bagiku. Perjalan yang lagi – lagi memasuki hutan serta jalan menanjak membuat kami kelelahan. Ketika aku melihat mbak ikah kelelahan, mendorong semangatku untuk memegang tangannya agar terus berjalan, memberikan semangat untuknya bahwa kita semua pasti sampai di puncak mahameru.

1,5 km telah kami tempuh, dan sampailah di arcopodo. Dimana tempat ini merupakan bonus untuk para pendaki sebagai tempat beristirahat sejenak. Banyak juga para pendaki yang memutuskan untuk camp disini, karena setelah melewati arcopodo 1,2 km lagi adalah puncak mahameru. Numun kami tidak camp di arcopodo, karena lebih nyaman camp di kali mati. Lanjut perjalanan setelah istirahat minum air dan makan coklat, ternyata pendakian semakin menanjak.

Tangan yang tetap memegang erat mbak ikah, terus berjalan hingga sampai pada jalan pasir hitam yang gembur. Tekstur pasir yang lembut membuat perjalanan pendakian semakin berat. Dan sampailah kami di lereng mahameru, begitu megahnya gunung tertinggi di pulau jawa ini.

Perjuangan sesungguhnya berawal dari lereng gunung ini untuk sampai di puncak mahameru. Di tengah malam yang sunyi terlihat para pendaki dengan senter yang mereka bawa, menjadikan pemandangan yang indah untuk pertamakalinya aku lihat. Perlahan beban pikiranku mulai hilang, berubah menjadi semangat – semangat kecil yang semakin lama membesar. Dorongan semangat yang berkumpul membuatku yakin akan berdiri di atas puncak sana. Dengan kemiringan sekitar 45 derajat membuatku harus menjaga keseimbangan selama pendakian. Berjalan langkah demi langkah terasa sangat berat. Berhati – hati untuk tidak menginjak batu agar tidak longsor ke bawah dan memasang telinga baik – baik apabila ada teriakan batu yang longsor dari atas.

Pendakian sesungguhnya ini memang sangat menguras banyak tenaga, beberapa kali banyaknya kami berhenti sejenak untuk memulihkan tenaga. Puncak masih terlihat jauh di atas sana, butuh berapa lama lagi untuk sampai di puncak, aku pun tidak tahu. Pagi dini hari yang membuat udara semakin dingin dan rasa ngantuk membuat beban semakin berat. Setiap berhenti untuk istirahat, kami duduk dengan saling berdekatan untuk mengurangi rasa dingin. Sesekali aku istirahat terlentang dan mencoba tidur sejenak. Sambil melihat langit dengan beberapa bintang yang muncul beserta bulan yang terang benderang, membuatku terpana akan keagungan Tuhan. Mulut yang tak kuasa menahan kata “subhanallah” benar – benar Maha Suci Engkau ya Allah . Seakan tak ingin berhenti memandangi karena begitu indahnya ciptaan Tuhan, dan inilah yang disebut surga dunia.

Namun tujuanku masih belum tercapai, mahameruku masih berada di atas sana. Terus ku berjalan hingga tak mampu lagi kaki ini berdiri tegak dan akhirnya membuatku untuk merangkak demi menuju mahameruku. Entah sudah berapa lama kami mendaki, puncak masih belum kami temui. Bulan pun semakin menghilang karena matahari pagi perlahan muncul menampakkan sinarnya. Sinar matahari di balik pendakian memancarkan sinar fatamorgana yang begitu indah.

Terlihatlah olehku puncak mahameru di atas sana, semua beban pikiran yang menghantuiku sekarang benar – benar hilang. Semangat yang beribu – ribu kali lipat serasa di suntikkan semuanya padaku. Dan aku pun benar – benar merasa senang, puncak mahameruku sudah terlihat jelas. Langkahku semakin dipercepat dan merangkak dengan semangat. Pikirku hanya satu, berdiri di atas puncak itu.

Pagi yang perlahan semakin cerah, membakar semangatku untuk sampai di puncak dan melihat keindahan sunrise di sana. Beberapa pendaki coba ku dahului agar segera berada di atas sana. Dan akhirnya langkahku terhenti, karena sunrise sudah muncul terlebih dahulu. Aku pun menikmati indahnya sunrise dilangkah yang tidak jauh dari puncak. Keindahan alam memang begitu mempesona tiada duanya, mataku yang berat karena mengantuk menjadi berbinar – binar tak menyangka indahnya alam ini adalah surga dunia bagiku. Tak ada kata lain yang bisa aku ungkapkan selain rasa syukurku kepada Allah SWT. yang telah menciptakan bumi ini dengan begitu indahnya.

Ku lanjutkan pendakianku yang tinggal beberapa langkah lagi menuju puncak mahameruku. Pukul 6 pagi aku sampai di atas puncak mahameruku. Perjalanan yang menempuh waktu 6,5 jam dengan perjuangan yang sangat melelahkan, akhirnya tibalah aku di titik klimaks puncak mahameruku. Rasa bersyukur yang selalu aku ucapkan membasahi bibir ini. Tanpa ada rencana awal dan tak ku sangka ternyata Allah mengijinkan aku berada di puncak ini, akhirnya angan – angan itu benar menjadi kenyataan. Ku rentangkan kedua tanganku dan berteriak penuh rasa lega, “aaaaaarrrrrrrhhhhhhh”. Tak bisa ku ungkapkan apa yang ku rasa saat itu, masih tak percaya aku bisa berdiri di atas puncak mahameruku.

Sungguh pemandangan yang luar biasa, benar – benar surga dunia yang kurasakan di atas sana. Bendera Merah Putih yang berkibar di atas puncak menyatakan begitu besarnya perjuangan mendaki puncak mahameru dengan semangat yang membara layaknya perjuangan bangsa ini mencapai kemerdekaannya. Namun sebesar apapun perjuangan mendaki puncak mahameru tidak akan setara dibandingkan perjuangan merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Aku merasa mendapatkan pelajaran yang sangat berharga yang baru pertama kali aku dapatkan, begitu besarnya perjuangan dan semangat yang dikorbankan para pahlawan kita untuk mencapai kemerdekaan Republik Indonesia.

Moment – moment selama pendakian ini tak akan pernah bisa aku lupakan. Moment yang sangat langka bagiku untuk dilakukan, moment terindah karena pertama kali aku mendaki langsung mendaki puncak mahameru. Ditambah dengan hadirnya kedua saudaraku, menjadi moment yang sangat special bagiku.

Dataran bebatuan kasar serta sedikit pasir halus merupakan gambaran dari puncak mahameru. Semburan asap belerang dari kawahnya seakan memberikan tanda bahwa gunung semeru masih aktif. Selama di atas puncak semua pendaki tidak boleh berada disana sampai pukul 8 pagi, karena ketika pukul 8 keatas asap belerang itu mengitari jalur pendakian. Hal ini sangat membahayakan untuk para pendaki.

Sekitar 1 jam kami berada di puncak mahameru, suhu yang dingin serta angin yang kencang membuatku sangat kedinginan. Roti dan cokelat menjadi makanan pengganjal perut kami yang lapar. Dirasa sudah cukup pengabadian foto di puncak, dan untuk terakhir kalinya kami grup PURPALA berkumpul semua untuk mengabadikan foto bersama. Selepas itu kami kembali ke camp.

By : Muhammad Akbar
Lowokwaru – Malang




Artikel Terkait:

111 Comments
Tweets
Komentar FB

111 komentar :

  1. sip dah cerpennya bang.. bagus bagus.. (y)
    jadi pengan ke mahameru juga.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. dokumentasi perjalanan mana bar

      Delete
    2. ada donk banyak.. hehehe
      itu salah satu dokumentasinya saja, yang lain masih banyak.. :D

      Delete
  2. waaah. super sekali sam akbar. :D
    lain kali kita mbolang bareng ya.
    jejak si embah anak polinema :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. bole - bole sam,, kita sama-sama bolang mencari keindahan alam semesta ini.. :D

      Delete
  3. keren.. mahameru,, pengen donk ke sana.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, monggo bero yang mau kesana bareng".. :)
      persiapkan mental dan fisikmu dulu..

      Delete
    2. emg berat bgt ya medannya ke mahameru?

      Delete
    3. berat bgt, melangkah 2 langkah, turun satu langkah.
      medanx pasir hitam gembur, jdi berat.

      Delete
  4. bagus bagus..sukses terus..

    ReplyDelete
  5. tulisannya menginspirasi,,, bikin yang baca pengen kesana...^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, ya begitulah adanya.. perjuangan yang benar" menguras energi.. tapi semuanya dibayar dengan keindahan puncak mahameru.. :)

      Delete
    2. kamu punya utang aku ama anak-anak buat nganterin kita kesana

      Delete
    3. hahaha, iya" yud.. siap brangkat,, yg penting waktunya tepat.. :D

      Delete
  6. sipt2,,
    jd pngen bar,, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo, monggo, bareng" kita petualang mencari keindahan alam yang sangat luar biasa indahnya.. :)

      Delete
    2. hehe,,
      jd jd lbh bangga ma negeri ni,, :D

      Delete
    3. pastinya bero.. Indonesia menyimpan banyak keindahan alam yang belum kita ketahui..
      #mari petualang di Indonesia.. :)

      Delete
    4. benar itu, gk perlu ke luar negeri. dalam negeri banyak menyimpan keindahan alam yang sngat luar biasa.
      I Love Indonesia.. :D

      Delete
  7. Mantap bro.
    Luar biasa semangatnya!
    Lanjutkan, puncak Jayawijaya, hhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha,, insyaAllah bero..
      pendakian selanjutnya akan segera menyusul.. :)

      Delete
    2. ajak" loh ya..
      q pengen cari pengalaman baru..

      Delete
    3. haha, oke" bero..
      langsung kumpul d kntrakan aja.. ntar breng".. :D

      Delete
  8. Keren Bang,,, pengalaman yang luar biasa tak terlupakan.. makasih ya adekquw sayang...Muach :*... Semangat yang tak pernah putus asa untuk menggapai puncak Mahameru :D.
    Good luck ya,,,hope the best for you...:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe,, mantap bak ikah..
      okesip, yang penting terus bakar semangat untuk mencapai impian kita.. lanjut petualangan lagi??
      #gowess :D

      Delete
    2. iyaa, Bang... sippo,,haha :D
      Ayooo,,kita petualangan lagi dg tempat yg lebih indah dan mengagumkan indahnya...:D
      Semangat buat lomba robotnya ya... Good luck :*

      Delete
    3. sip sip, brangkat langsung..
      yg penting waktunya tepat.. :D
      oke bak ikah,, dukunganmu sangat berarti bagiku.. (y)

      Delete
    4. bang quw mau ke malang sabtu ini dan 2minggu lagi, refreshing,, haha... mau ikutkah??

      Delete
    5. mw kemana emgx bak ika?? beh bole aj klo gk sibuk.. :D

      Delete
  9. keidahan jawa timur
    Istimewa

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat luar biasa indahnya,, tak bisa di ungkapkan dengan kata".. mahameru memang mantap.. :)

      Delete
    2. mahameru itu sbelah manax semeru?

      Delete
    3. mahameru itu puncaknya gunung semeru, puncak gunung tertinggi di jawa. makanya tanya embah google. :D

      Delete
    4. embah googlenya masih sakit soalnya. :D

      Delete
    5. owh, gitu ya. sakit apa bang?
      penyakit tua ya? :D

      Delete
  10. waw that's a great story brother.
    we could reach the summit of Mahameru, I'm proud of you to tell it in this shot story. hope the best for you.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeaahhh, the summit of mahameru it's soo great..
      thanks my brother,, this is wonderful moment for me.. because we can go to summit of mahameru together..
      #lets next advenrute?? come on.. :D

      Delete
  11. wooo keren ni mas akbar :D pengen banget berdiri di situ juga :D

    ReplyDelete
  12. hehehe,, makasi.. :D
    ayo ayo mangkax ikut.. :p

    ReplyDelete
  13. Replies
    1. hehehe,, makasi han.. oke" dah..
      petualangan sperti ini cara lain untuk mengetahui keagungan Tuhan.. :)

      Delete
  14. Replies
    1. wal hamdulillah walaa ila haillallah allahu akbar.. :D

      Delete
    2. iya mas, nangngung commentnya.. :D

      Delete
    3. nanggung mas bukan nangngung.. hahaha
      kpn nih bisa ksna bareng? pengen ksana nih..

      Delete
    4. hahaha, monggo sama" mas..
      mending hari libur aja, enak.. :D

      Delete
    5. oke, rencanakan dari sekarang.. ajak teman" yang lainnya..

      Delete
    6. santai aj bro,, liburan smester 4 masi lamaaa. wkwkwkw

      Delete
    7. ayoo cameraku udah gk sabar nih memotret setiap jengkal keindahan mahameru :D

      Delete
    8. mantap itu, oke" segera bro. :D

      Delete
  15. mantap bar
    lanjutkan karyamu dan semoga impianmu tercapai
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amiin,, makasi bero.. :D
      impianku sudah tertulis di puncak mahameru sana.. hahahaha

      Delete
    2. wahhh,, jadi iri nih q..
      pokokx q di ajak klo ksna lagi..

      Delete
    3. hahaha, oyi" sam.
      klo liburan lagi ayi sempatkan k sana, atur semuanya biar enak brangkat ksna.. :D

      Delete
  16. good job muhammad akbar

    ReplyDelete
  17. this is a great st0ry,
    aku jd term0tivasi pngen ksana :D
    sukses terus ya bar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi"..
      butuh perjuangan yang besar untuk mencapai puncak.. persiapkan mental dan fisik dulu..

      Delete
  18. Ya ampuuun jd pengen ke semeru niiihhh kapan ya...???? -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo sam,, bareng".. pemandangannya sangat luar biasa..
      mantap pokoknya.. :D

      Delete
  19. bar, mana dingin sama bromo kemarin? :D

    klo lbih dingin sana, gak jadi deh... -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. lebih dingin lah,, tp lebih lebih dan lebih menyenangkan dan luar biasa indah.. gk rugi ke sana.. :D

      Delete
  20. mantap bro...
    sukses yh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke" beroo,, maksih banyak.. :D
      sama" sukses dah..

      Delete
  21. ceritanya mengesankan....membuat orang-oang ingin mersakan kepuncak mahameru juga :)...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, mantap lah pokokx..
      gk rugi kesana.. :D

      Delete
  22. sip jalanmu sudah benar, lanjutkan

    ReplyDelete
  23. kereeeeeennnnnnn masbro :D
    jdi pgen kesana. ayok ayok :D
    brarti di puncaknya ga boleh lama" ya gara" ada asap belerang itu? ga seru dong .
    ga bs bayangin gmn jauh nya perlajalanmu masbro. weleh weleh, tpi sip. 4 jempol bwt kamu. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tak tambahin,, kerenn bgt pokokx.. gk nyesel kesana.. :D
      ayo" breng" kesana, biar ramee..
      ya begitulah keadaannya, kita hnya bsa d puncak smpe jam 7. klo pengen lama brangkat jam 10 malem aj.. :D
      gk ush dibanyangin, langsung brangkat aj.. hehehe

      Delete
  24. Siih,masok ka riya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengen kesana..
      gk ngajak" km bar.. :(

      Delete
    2. mendadak sih waktu itu soalx,, sory" ntar liburan smester 4 ayo ksna lagi.. :D

      Delete
  25. asyik jg nie ceritanya....
    LANJUTKAN mz bro. :D

    ReplyDelete
  26. bisa dibuat acuan nih,,jadi pengen kesana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan saja asalkan hati" dan yg penting ajak" juga.. hahaha

      Delete
    2. ajak semuax, biar sama" tau

      Delete
    3. oke", klo perlu satu kampung tk ajak.. :D

      Delete
  27. wwwwaaahh kereen2x.. :)
    asal semangatx jgn cuma waktu mndaki mahameru aja ya..
    tp dlm mncapai cita2 dan mmbahgiakan orang tua juga harus lebih semangat.. :)
    smoga cita2mu tercapai ya kawaan, layaknya qm mncapai puncak mahameru dg disertai syukur padaNYA..
    good luck :) :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe,, makasi banyak mbak.e
      siap".. :D semangat itu muncul tiba", klo ad yang mau kita capai pasti akan berkali" lipat semangatnya..
      km juga semoga diberi semangat buat meraih ap yang ingin km capai.. :)

      Delete
    2. sama2 maas.ee :) :D
      jgn lupa hukum alamnya,, ahahaha :D
      .. iy seeh.. yg namax semangat ya harus selalu muncul buat para mahasiswa, para generasi2.. :)
      .okeee.. siaap graak.. :D
      smoga qt sama2 bisa mnjadi yg terbaik. amiin

      Delete
    3. hukum alamx doakan saja supaya menang,, ntar tk kasi dah.. :D
      amiin, amiin,, sesama muslim harus saling mendoakan ya.. :)
      take your dream true..

      Delete
  28. sips ,
    tpi krang fotox..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang gimana fotonya bro?? :D

      Delete
    2. foto" dperjlananx...jdi sdkit kurng komplit
      :D

      Delete
    3. klo itu disimpen pribadi bro.. klo mau lihat ad d laptop. :D
      itu persyaratan lombanya aj cuma tampilkan 1 foto saja.. hehe

      Delete
    4. fotonya kok mrengngut bro? wkwkwwk

      Delete
    5. yah, disana anginx banter bro. dingiin bgt, itu foto lagi nahan dingin.. hahaha

      Delete
  29. ceritanya bikin pengen aja ke sana juga..
    ajak" donk bang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, asik" bang kesana..
      pengalaman yang gak pernah bisa dilupakan..
      boleh", ntar klo liburan kuliah lagi.. :D

      Delete
    2. awas lo ya klo gk diajak, gk tak temenin lagi d kontrakan..

      Delete
    3. haha, jgn gitu donk bang..
      siap", ntar tk tak ajak kok.. :D

      Delete
    4. bo'ong brangkat sendiri byasax dia, gk ngajak"

      Delete
    5. hahaha, sapa itu yg bilang bo'ong?
      nggk kok santai aja pasti di ajak semuanya.

      Delete
  30. Ceritanya bagus kita dibuat ikutan seru-seruan dalam cerita dan yang paling penting gak bosenin. Bagus baaar tingkatkan terus, keep moving forward yah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasi ul,, ntu pas lagi smangat"nya nulis jd fresh pikiran.. :D
      oke" masi banyak cerita lainnya.. hehehe

      Delete
    2. ya bagus deh bar emang gitu harusnya biar makin menarik ceritanya :D
      ditunggu cerita-cerita berikutnya ya bar yang pasti gak bakal kalah menarikny, semangat baaar !! :D

      Delete
    3. oke" ul,, ni masih menjadi PR buat q.. masi proses nulis.. ada beberapa petualangan yg masi belum q selesaikan.. hahha

      Delete
  31. siipp sam,, lanjutkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. oyi",, sip sam..
      makasi,, masih banyak cerita yg lain.. :D

      Delete
  32. waaahh, ceritanya bikin fresh. ikutan dong sam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, pas nulis jg lg fresh.. :D
      ikutan kmana?? hahaha

      Delete